Thursday, April 11, 2013

Sejarah LPM SMI


 

Latar belakang didirikannya LPM Sangggar Musik Indah adalah wadah bagi anak bangsa dalam mengembangkan bakat seseorang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa seiring dengan bertambahnya kesadaran akan pentingnya musik sebagai kekuatan perkembangan jiwa dan intelegensi anak dalam pertumbuhannya.
Berdiri sejak tahun 1984, Indah Anggraeni SK. Pendiri LPM – Sanggar Musik Indah secara konsisten menjadi patron yang paling menentukan bagi LPM SMI dalam menjalankan misi utamanya, yaitu memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam hal pembinaan apresiasi musik bagi generasi muda yang tidak hanya ditentukan oleh tingkat pendidikannya, namun juga pengalaman yang mendukung pendidikan tersebut.
Hal ini beliau wujudkan dengan mendirikan satu-satunya sekolah musik yang berbentuk sanggar untuk menanamkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan diantara Guru, Siswa, Staff dan Orang Tua Siswa. Kami mempersiapkan anak-anak sedini mungkin sampai ke Jenjang Perguruan Tinggi Musik Dalam dan Luar Negeri. Kami menjamin pendidikan musik yang berkelanjutan dengan standar mutu terbaik di Indonesia sehingga mudah untk mengikuti Ujian-ujian Internasional lainnya (Royal ABRSM-London/AMEB/LCM/ANZKA, dll) termasuk ujian saringan masuk di beberapa Fakultas terkemuka lainnya.
Berangkat dari Filosofi bahwa Pendidikan adalah Pelayanan dan bukan sebagai Kendaraan Bisnis maka kami selalu berupaya meningkatkan mutu program dan lembaga secara bertahap, terencana dan kompetitif serta memenuhi landasan kebijakan pemerintah:
  1. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 26
  2. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Perda Nomor 10 Tahun 2008 Tentang SKPD di Provinsi DKI Jarta
  4. Perda Nomor 8 Tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan
  5. SK Gubernur Nomor 41 Tahun 2003 tentang Balai Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Luar Sekolah
Dengan sekolah musik, kader-kader pelayanan dapat dididik sendiri dan sekolah dapat menjamin tersedianya tenaga musik untuk pelayanan dalam jumlah besar untuk industri musik dan komersiil, orkes, guru, pelayan rumah ibadah ataupun bentuk-bentuk pelayanan musik lainnya yang mendorong terciptanya tenaga kerja kreatif yang mandiri dan membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.
Kami telah membuahkan hasil-hasil yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Sebagian besar Alumni kami telah menjadi guru musik, dosen, aktivis-aktivis musik dan wiraswasta. Di masa mendatang LPM Sanggar Musik Indah akan terus berupaya untuk merealisasikan misi edukasinya melalui konser-konser maupun kunjungan ke sekolah-sekolah. Tentunya hal tersebut tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan dari pihak pemerintah, swasta maupun perorangan yang lazimnya menjadi motor penggerak pendidikan musik di Negara-negara lain.

No comments:

Post a Comment